s1.spi@uinkhas.ac.id 081330026441

Ekspedisi Sumber Sejarah: Mahasiswa/i Semester VI Prodi SPI FUAH Gelar Perjalanan Arsip ke Surabaya

Home >Berita >Ekspedisi Sumber Sejarah: Mahasiswa/i Semester VI Prodi SPI FUAH Gelar Perjalanan Arsip ke Surabaya
Diposting : Minggu, 18 Jun 2023, 15:00:09 | Dilihat : 469 kali
Ekspedisi Sumber Sejarah: Mahasiswa/i Semester VI Prodi SPI FUAH Gelar Perjalanan Arsip ke Surabaya


(09/06/2023)Rombongan mahasiswa Program Studi Sejarah Peradaban Islam UIN KH. Achmad Siddiq Jember melakukan kegiatan ekspedisi arsip ke Surabaya. Perjalanan dilakukan selama satu hari satu malam pada hari kamis malam hingga jum'at malam, tanggal 8-9 Juni 2023. Perjalanan penelusuran sumber arsip dilaksanakan di dua tempat, antaranya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Surabaya serta Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (STIKOSA). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada para mahasiswa terkait sumber sejarah dan bagaimana menelusuri arsip negara ataupun arsip lapangan. Kegiatan ini juga berlangsung atas saran dari dosen pengampu mata kuliah yakni Dahimatul Afidah, M.Hum.
Rombongan yang terdiri dari mahasiswa semester 6 ini berinisiatif manfaatkan kegiatan penelusuran arsip sebagai langkah pembelajaran sumber sejarah untuk skripsi mereka. Tidak sedikit mahasiswa yang menemukan sumber rujukan untuk seminar proposal yang sedang mereka siapkan. "Saya menemukan referensi untuk Skripsi saya beberapa berita di salah satu koran Surabaya Post terbitan Djum’at 7 Djuni 1961 di Perpus Stikosa-AWS. Memang agak kesulitan membacanya masih pakai ejaan lama, tapi koleksi koran kuno ini banyak membantu saya,” ungkap Husnul Widad, salah satu mahasiswa prodi Sejarah UIN KHAS Jember.
Dalam perjalanannya rombongan mahasiswa sejarah UIN KHAS Jember disambut hangat oleh pimpinan Dinas Kerasipan Surabaya dan pimpinan akademik Stikosa – AWS. Dalam sambutannya Wakil Ketua 1 Stikosa – AWS Dwi Prasetyo, Kepala Prodi Stikosa – AWS dan Kepala Perpustakaan memberikan tali asih kepada kordinator mahasiswa, dosen pengampu dan Kepala Perpustakaan UIN KH. Ahmad Shiddiq Jember yang mendampinginya. Dosen pengampu Ilmu Sejarah UIN KHAS Jember menerangkan dalam sambutannya bahwa, "Stikosa AWS mempunyai Ladang Emas bagi mahasiswa, untuk mencari literatur dan referensi tugas Skripsi. Sebelum jadi dosen sejarah, saya semasa kuliah mengerjakan tugas Skripsi, saya menemukan literatur penting dan lengkap hanya di perpustakaan kampus ini. Karena itu, sekarang para mahasiswa kami, kami ajak ke sini untuk menggali sumber Ladang Emas Stikosa-AWS," Ujar Dahimatul Afidah. 
Baik dari Pimpinan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Surabaya, Pimpinan Akademik Stikosa-AWS dan Dosen Pengampu Ilmu Sejarah UIN KHAS Jember, sama-sama mengharapkan adanya keterjalinan hubungan dengan kegiatan ini yang akan terus ada setiap tahunnya. Menjaga antusiasme mahasiswa-mahasiswi dalam belajar juga merupakan salah satu tanggungjawab bagi civitas akademika kampus. Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini juga dapat memberikan pantikan semangat kepada mahasiswa Sejarah Peradaban Islam UIN KHAS Jember dalam proses penyelesaian skripsi-nya.


Reporter: Nana (Nan)

Berita Terbaru

Prestasi Gemilang: Mahasiswa Rahmah Raini Jamil Meraih Skripsi Terbaik dalam Yudisium ke-30 FUAH UIN KHAS Jember
03 Aug 2023By admin
Prodi SPI: Gelar FGD dalam Penetapan Visi dan Misi Program Studi
23 Jun 2023By admin
Ekspedisi Sumber Sejarah: Mahasiswa/i Semester VI Prodi SPI FUAH Gelar Perjalanan Arsip ke Surabaya
18 Jun 2023By admin

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;