s1.spi@uinkhas.ac.id 081330026441

Sejarah

Home >Halaman >Sejarah

Pada tahun 2014 terjadi perubahan status dari STAIN menjadi IAIN Jember berdasarkan Peraturan Presiden nomor 142 tahun 2014. Perubahan ini memungkinkan pengembangan keilmuan agama Islam. Oleh sebab itu, IAIN Jember mempunyai lima fakultas yang merupakan pengembangan dari jurusan-jurusan pada masa STAIN, yaitu: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan; Fakultas Syariah, Fakultas Dakwah; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam; dan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora. Pada tahun yang sama pula Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora lahir. Fakultas ini mempunyai arah untuk mengembangkan keilmuan tidak hanya pada ilmu-ilmu Ushuluddin atau Keislaman, tetapi juga pada ilmu-ilmu susastra dan humaniora lainnya. Oleh karenanya, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora IAIN Jember menyelenggarakan empat prodi, yakni Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Hadits, Bahasa dan Sastra Arab, serta Sejarah dan Peradaban Islam.

Mendasarkan pada uraian di atas maka sejarah berdirinya prodi Sejarah dan Peradaban Islam (SPI) telah dimulai pada 2014. Prodi ini mulai menyelenggarakan kegiatan perkuliahan pada tahun 2015 dengan nama Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI). Kegiatan akademik prodi SKI didasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Nomor 1083 Tahun 2015 Tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi pada Program Sarjana Institut Agama Islam Negeri Jember tertanggal 23 Februari 2015. Pemberian nama program studi ini mengalami perubahan, menyesuaikan nomenklatur Program Studi Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKAI) berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 6943 Tahun 2016 dan sesuai PMA 33 tahun 2016 yang sebelumnya PMA 36 tahun 2009 bernama Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) menjadi Prodi Sejarah dan Peradaban Islam (SPI). Pada tahun 2018 melalui Surat Keputusan BAN-PT Nomor 287/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018 Prodi Sejarah dan Peradaban Islam IAIN Jember memperoleh nilai akreditasi B yang berlaku dari tanggal 09 Januari 2018 sampai 12 September 2022. 

Visi Prodi SPI memiliki visi “Menjadi pusat kajian Sejarah Peradaban Islam berbasis riset dan berkarakter Islam Nusantara yang unggul dan kompetitif pada tahun 2035”

Misi Prodi Sejarah dan Peradaban Islam

a) Misi Prodi SPI adalah menyelenggarakan pendidikan, termasuk juga pengajaran di bidang Sejarah dan Peradaban Islam berbasis kajian sejarah dan Islam Pandhalungan.

b) Misi Prodi SPI berikutnya adalah mengembangkan penelitian Sejarah dan Peradaban Islam dengan memperoleh nilai guna bagi dunia academia dan masyarakat dalam tradisi kritis-analitis, dengan distingsi kajian sejarah dan Islam Pandhalungan.

c) Misi Prodi SPI berikutnya yaitu menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berkaitan dengan mengaplikasikan keilmuan Sejarah Peradaban Islam berbasiskan peninggalan kuno atau situs bersejarah sebagai ikon wisata masyarakat Pandhalungan maupun pembelaajaran sejarah bagi masyarakat luas.

d) Misi Prodi SPI selanjutnya adalah mengadakan kerjasama dengan berbagai lembaga atau institusi terkait dengan kajian dan pengembangan keilmuan Sejarah dan Peradaban Islam mulai dari tingkat lokal, nasional, regional dan internasional.

 





Berita Terbaru

Prestasi Gemilang: Mahasiswa Rahmah Raini Jamil Meraih Skripsi Terbaik dalam Yudisium ke-30 FUAH UIN KHAS Jember
03 Aug 2023By admin
Prodi SPI: Gelar FGD dalam Penetapan Visi dan Misi Program Studi
23 Jun 2023By admin
Ekspedisi Sumber Sejarah: Mahasiswa/i Semester VI Prodi SPI FUAH Gelar Perjalanan Arsip ke Surabaya
18 Jun 2023By admin

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;